JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLEGENCES DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING DI MTs NEGERI 1 KOTA PALU |
Nama: ABDUL KARIM |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Karim, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Multiple Intellegences dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Aplikasi E-Learning di MTs Negeri 1 Kota Palu. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Nuraedah, (II). Misnah Kesuksesan peserta didik sangatlah ditentukan oleh guru yang dapat membimbingnya dalam belajar serta penguasaan sejumlah kompetensi tertentu. Aspek psikologis menunjukkan pada kenyataan bahwa peserta didik pada umumnya memiliki taraf perkembangan kecerdasan yang berbeda, yang menuntut materi yang berbeda pula. Setiap orang mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pengelolaan dan penerapan model Multiple Intellegences pada pembelajaran IPS di MTs Negeri 1 Kota Palu dalam pembelajaran dengan menggunakan e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model multiple intellegences pada mata pelajaran IPS terlihat bahwa pengelolaan dan penerapan pembelajaran mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis hasil observasi terdapat perbedaan dan peningkatan yang signifikan pada hasil penerapan dan pengelolaan pembelajaran IPS. Aktivitas dan kualitas pesrta didik maupun guru dalam pembelajaran IPS semakin baik dan prestasi peserta didik meningkat. Kata Kunci: Multiple Intellegences, Model Pembelajaran, IPS. |