Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPS MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI KECAMATAN KULAWI SELATAN KABUPATEN SIGI
Nama: MUH ISMAIL
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Muh. Ismail, 2022. Pengelolaan Pembelajaran IPS Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri Kecamatan Kulawi Selatan Kabupaten Sigi. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pascasarjana, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Suyuti (II) Misnah Pandemik covid-19 sangat berdampak pada penggelolaan pembelajaran. Karena peralihan pembelajaran dari tatap muka di kelas hingga dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) tentunya menimbulkan banyak hambatan bagi kepala sekolah dan guru sebagai pengelola pembelajaran. SMP Negeri Kecamatan Kulawi Selatan menerapkan pembelajaran luring pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pengelolaan pembelajaran IPS masa pandemi covid-19 di SMP Negeri Kecamatan Kulawi Selatan dan kendala yang dihadapi guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah adalah kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan pembelajaran IPS dimasa pandemi covid-19 dimulai dengan menerapkan kurikulum darurat dengan melalui pendekatan pembelajaran luring. Pelaksanaan pengelolaan pembelajaran di SMP Negeri Kecamatan Kulawi Selatan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Kendala guru salah satunya dituntut untuk menyusun modul pembelajaran dan mengharuskan guru untuk melakukan kunjungan kerumah atau ke posko-posko yang telah ditentukan. Kendala siswa yaitu tidak tersedianya jaringan internet sehingga kurangnya sumber belajar. Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran IPS, Pandemi Covid-19. ABSTRACT Muh. Ismail, 2022. Management of Social Science Learning during the Covid-19 Pandemic at Junior High School of South Kulawi District in Sigi Regency. A Thesis. Social Science Education Study Program. Postgraduate, Tadulako University, Supervisors (I) Suyuti (II) Misnah. The Covid-19 pandemic has greatly impacted the management of learning. Because the transition of learning from face-to-face in the classroom to being carried out online (in the network) and offline (outside the network) certainly creates many obstacles for principals and teachers as learning managers. South Kulawi District Junior High School implemented offline learning during the covid-19 pandemic. This study aims to find out how to manage social studies learning during the covid-19 pandemic at SMP Negeri Kulawi Selatan District and the obstacles faced by teachers and students. This type of research is qualitative and presented in descriptive form. The subjects of this study were principals, subject teachers, and students. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data condensation, data presentation and drawing conclusions and verification. The results showed that the management of social studies learning during the covid-19 pandemic began by implementing an emergency curriculum using an offline learning approach. The implementation of learning management in SMP Negeri Kulawi Selatan District is carried out in several stages, namely the planning, implementation and evaluation stages of learning. One of the obstacles for teachers is that they are required to prepare learning modules and require teachers to make home visits or to predetermined posts. The student's obstacle is the unavailability of the internet network so that there is a lack of learning resources. Key terms: Social Science Learning Management, Covid-19 Pandemic

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up