JudulLingkungan Sosial Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPS Di MTsN 2 Tolitoli |
Nama: FRIDA AFRYANTI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lingkungan sosial sebagai sumber belajar IPS, faktor yang mendukung lingkungan sosial sebagai sumber belajar dan hambatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar. Lingkungan social adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita yang dapat memberikan pengaruh. Jenis penelitian deskripsi kualitatif. Instriumen penelitian menggunakan kuesioner dan angket wawancara. Jumlah sampel sebanyak 22 orang peserta didik, 1 orang guru IPS dan 1 orang kepala sekolah di MTsN 2 Tolitoli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peserta didik di MTsN 2 Tolitoli melakukan pembelajaran IPS dengan mengunjungi kantor kelurahan dan guru IPS memberikan contoh terkait kependudukan, interaksi sosial pada pembelajaran IPS tidak hanya berlangsung di dalam kelas melainkan di luar kelas, Peserta didik melakukan kunjungan pameran yang terdapat lembaga sosial di pameran tersebut. Selain itu Peserta didik diajak melihat langsung kegiatan ekonomi yang terjadi dengan melakukan kunjungan kepasar selain itu juga melakukan kunjungan ke situs cagar budaya dan melakukan kegiaatan sosial bersama warga serta mengembangkan isu lokal terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan; (2) Faktor pendukung pembelajaran di lingkungan sosial diantaranya lingkungan yang kondusif dan lokasi mudah untuk dijangkau dan pembelajaran lebih konkret, (3) Faktor yang menghambat proses pembelajaran IPS di lingkungan sosial diantaranya alat transportasi, cuaca dan kondisi lingkungan tempat dilakukan pembelajaran. |