Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS Di SDN Inti Loru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi
Nama: HATIJAH
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Hatijah. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPS di SDN Inti Loru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Suyuti (Pembimbing 1), Asep Mahpudz (Pembimbing II). Permasalahan pada penelitian ini yaitu tentang: desain dan implementasi pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Inti Loru Kecamatan Sigi Biromaru, indikator-indikator yang ditetapkan sebagai indikator dalam penilaian terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS, dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui implementasi pendekatan saintifik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang implementasi pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Inti Loru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi sesuai fakta sebenarnya dan mengembangkan teori-teori pendukung berdasarkan hasil pengumpulan data yang dituntun oleh uraian dan analisis mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) desain dan implementasi pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Inti Loru dirancang dalam program pembelajaran yang diramu dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengacu pada kurikulum 2013 dengan tahapan pendekatan ilmiah (saintifik) berdasarkan topik-topik yang terintegrasi (yang mengintegrasikan IPS) sesuai pemetaan KD dan SK setiap tema yang diajarkan; (2) indikator-indikator yang ditetapkan sebagai indikator dalam penilaian terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS meliputi kemampuan: memfokuskan pertanyaan, bertanya dan menjawab pertanyaan, mempertimbangkan kredibilitas (kriteria) suatu sumber, mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi, mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi, memutuskan suatu tindakan, dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain; dan (3) kemampuan berpikir kritis siswa melalui implementasi pendekatan saintifik mencapai rata-rata 3.69 kategori baik dan persentase pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 73,71% atau berada pada kriteria baik. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up