JudulIMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTUR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD INPRES JONO OGE KECAMATAN SIGI BIROMARU |
Nama: NURHAYATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurhayati. 2020. Implementasi Pendidikan Multikultur pada Pembelajaran IPS di SD Inpres Jono Oge Kecamatan Sigi Biromaru, Program Studi Pendidikan IPS, Pascasarjana Universitas Tadulako. Juraid (Pembimbing 1) dan Suyuti (Pembimbing II). Permasalahan pada penelitian ini adalah: bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/penilaian pendidikan multikultur dalam pembelajaran IPS di SD Inpres Jono Oge; bagaimana penilaian yang dilakukan guru dalam pendidikan multikultur pada pembelajaran IPS di SD Inpres Jono Oge; dan bagaimana output dari implementasi pendidikan multikultur dalam kaitannya dengan hubungan sekolah dengan masyarakat pada umumnya dan orang tua pada khususnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang Implementasi Pendidikan Multikultur pada Pembelajaran IPS di SD Inpres Jono Oge Kecamatan Sigi Biromaru sesuai fakta sebenarnya dan mengembangkan teori-teori pendukung berdasarkan hasil pengumpulan data yang dituntun oleh uraian dan analisis mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/penilaian pendidikan multikultur dalam pembelajaran IPS di SD Inpres Jono Oge di implementasikan dalam lampiran Silabus dan RPP tematik integratif. Berdasarkan hasil wawancara kepala sekolah dan guru, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi/penilaian pendidikan multikultur di SD Inpres Jono Oge terlaksana dengan baik 83,02%. Selanjutnya, hasil wawancara peserta didik diperoleh informasi bahwa penanaman sikap-sikap karakter dalam kaitannya dengan multikultur terlaksana 90,67%. Implementasi pendidikan multikultur dalam silabus terlaksana 87,5?n implementasi pendidikan multikultur dalam pelaksanaan pembelajaran terlaksana 82,69%; (2) penilaian yang dilakukan guru dalam pendidikan multikultur pada pembelajaran IPS di SD Inpres Jono Oge mengacu pada penilaian sikap/karakter. Berdasarkan hasil hasil observasi penanaman nilai-nilai pendidikan multikultur dalam pembelajaran, dinyatakan terpenuhi 88,64?n integrasi nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran terpenuhi 94,23%; dan (3) output dari implementasi pendidikan multikultur dalam kaitannya dengan hubungan sekolah dengan masyarakat pada umumnya dan orang tua pada khususnya adalah terciptanya masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai keterbukaan, nilai kemanusiaan, nilai toleransi, nilai tolong menolong, nilai keadilan (demokrasi), nilai persamaan dan persaudaraan, prasangka baik/positif, dan cinta tanah air atau memiliki rasa kebangsaan yang ditunjukan dari kkehidupan yang akur tanpa konflik. Kata Kunci: Pendidikan Multikultur dan Pembelajaran IPS |