JudulKEMAMPUAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 2 SIGI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 |
Nama: ANJURDIN |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Anjurdin. A 322 17 010. Kemampuan Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Sma Negeri 2 Sigi Tahun pelajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Suyuti dan (II) Nuraedah. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan kemampuan guru dalam merancang dan mengevaluasi pembelajaran melalui kurikulum 2013 di Kelas XII SMA Negeri 2 Sigi; (2) mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran melalui kurikulum 2013 di kelas XII SMA Negeri 2 Sigi. 3) mengetahui dampak penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa di kelas XII SMA Negeri 2 Sigi. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh adalah: 1) Kemampuan guru dalam merancang perencanaan pelaksanaan kurikulum 2013 di SMAN 2 Sigi, guru mampu mengaitkan antara kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, sumber belajar serta penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang mereka rancang dalam satu keutuhan pengalaman belajar. 2) kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran melalui kurikulum 2013 dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung maupun strategi pembelajaran tidak langsung. 3) dampak penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa adalah nilai dari hasil ujian semester siswa rata-rata lebih dari 70%, hal ini dikarenakan guru menggunakan model scientific approach, project based learning, discovery learning, dan berbagai bentuk strategi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Kemampuan Guru, Hasil Belajar |