JudulAkses Jarak Ke Satuan Pendidikan Dan Faktor Sosial Budaya Penduduk Usia Sekolah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: MOHAMAD RIDWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Mohamad Ridwan, A32217009. Akses Jarak Ke Satuan Pendidikan dan Faktor Sosial Budaya Penduduk Usia Sekolah terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong. Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Asep Mahpudz dan Pembimbing (II): Idrus Rore Tujuan Penelitian ini adalah (1) Menganalisis keterkaitan akses jarak penduduk usia sekolah ke satuan pendidikan terhadap harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah, (2) Menganalisis faktor sosial budaya penduduk usia sekolah terhadap harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah. Penelitian ini merupakan jenis kombinasi penelitian kuantitatif dan kualitatif (mixed method), lalu disajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian data kuantitif adalah 39 siswa yang terdiri dari kelas IX SMP dan kelas XII SMA di Kecamatan Parigi Barat. Subjek penelitian data kualitatif terdiri dari 9 guru pada tingkat SD, SMP, SMA, 1 orang pihak koordinator wilayah bidang pendidikan, dan 1 orang pihak pemerintah kecamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni metode angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data pada penelitian kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif. Sedangkan analisis kualitatif berpedoman pada Miles dan Huberman dengan melakukan proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Ketersediaan satuan pendidikan di Kecamatan Parigi Barat yang terdiri dari tingkat SD, SMP dan SMA serta akses jalan yang saling terhubung memberikan peluang terhadap pelaksanaan pendidikan. Kendala yang dihadapi yaitu kebutuhan sarana transportasi bagi penduduk usia sekolah tingkat SMP dan SMA untuk menjangkau unit pendidikan yang tempat tinggalnya cukup jauh. (2) Faktor sosial budaya merupakan aspek yang paling berpengaruh terhadap program pendidikan di Kecamatan Parigi Barat. Faktor tersebut terdiri atas motivasi peserta didik, dukungan orang terhadap pendidikan, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan kondisi ekonomi. Berbagai faktor tersebut saling berkaitan bagi peningkatan harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah di Kecamatan Parigi Barat. Kalimat Kunci: Akses Jarak, Sosial Budaya, Pendidikan |