Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS MEDIA GADGET MENURUT TEORI USES AND GRATIFICATION DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI GUNA MEMBANGUN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SIGI
Nama: NATALIA VERONICA KAPILE
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Natalia Veronica Kapile. Nomor Stambuk: A 322 17 006. Efektivitas Media Gadget Menurut Teori Uses and Gratification Dalam Pembelajaran Ekonomi Guna Membangun Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Sigi. Tesis: Program Studi Mangister Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing I; Hasan, Pembimbing II: Nuraedah. Masalah pokok pada penelitian ini adalah bahwa sebagian besar siswa memiliki dan mengunakan gadget sebagai media pembelajaran ekonomi, sebab informasi dari siswa bahwa guru mata pelajaran ekonomi meminta kepada siswa untuk menggunakan gadget, kalaupun siswa baru menggunakan gadget pada materi tertentu pada pelajaran ekonomi. Penggunaan gadget sebagai media pembelajaran di kelas perlu diimbangi dengan adanya keterampilan sosial yang dimiliki siswa agar penggunaan gadget tidak menjadikan siswa menjadi pribadi yang bersifat individualis, dan bersifat “autis” atau asyik dengan gadget yang ada digenggamannya sehingga tidak memperhatikan teman yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media gadget menurut Teori Uses and Gratification dalam pembelajaran ekonomi guna membangun keterampilan sosial siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa secara bersamaan dari teori 5 kebutuhan dan motif penggunaan media atau Uses and Gratification; yaitu: (1) Kebutuhan Kognitif (Cognitive Needs); (2) Kebutuhan afektif (Affective Needs); (3) Kebutuhan Pribadi (Personal Integrative Needs); (4) Kebutuhan Sosial Secara Integratif (Social Integrative Needs); (5) Kebutuhan Pelepasan (Escapist Needs). Guru dapat melaksanakan secara efektivitas penggunaan media gadget dalam pembelajaran ekonomi, guru dapat mengembangkan materi pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuatu pengetahuan baru bagi siswa. Guru dapat melakukan upaya dan tindakan afektif (sikap) yang positif dan siswa dapat membelajarkan dirinya atau terlibat secara aktif (partisipatif) dalam mengetahui materi pembelajaran ekonomi yang baru, maka secara bersamaan dalam membangun keterampilan sosial siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sigi melalui pemanfaatan media gadget. Kata Kunci: media gadget, pembelajaran ekonomi dan keterampilan sosial

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up