JudulPROFIL PENDIDIKAN MASYARAKAT TAJIO |
Nama: IRNANINGSIH I MADAUNA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Irnaningsih I. Madauna. Nomor Stambuk. A 322 17 003. Profil Pendidikan Masyarakat Tajio: Program Studi Magister Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing I; H. Juraid, Pembimbing II: Haliadi Sadi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pendidikan masyarakat Tajio di Dusun V Desa Alindau, Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala, serta mendeskripsikan pengaruh pendidikan terhadap unsur-unsur kebudayaan pada masyarakat Tajio. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui metode observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Dianalisis secara interaktif dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat tajio di Dusun V Desa Alindau Kecamatan Sindue Tobata telah mendapatkan pendidikan formal, nonformal, dan informal, walaupun belum belum berjalan dengan baik karena keterbatasan akses terutama jalan. Dampak masuknya pendidikan terutama pendidikan formal sejak tahun 2010 telah mempengaruhi atau mengubah kebudayaan masyarakat tajio. Kata Kunci: Profil pendidikan, Suku Tajio, Kebudayaan |