JudulPENGARUH PEMANFAATAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH ALAM DONGI-DONGI KECAMATAN PALOLO |
Nama: STENLI GILBERT |
Tahun: 2020 |
Abstrak STENLI GILBERT. 2020 Pengaruh Pemanfaatan Alam Sebagai Sumber Terhadap Minat dan Hasil Belajar di Sekolah Alam Dongi-Dongi Kecamatan Palolo. Tesis: Program Studi Magister Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Tanra Tellu, Pembimbing (II) Samuel S. Patampang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media alam sebagai sumber belajar terhadap minat dan hasil belajar siswa di sekolah alam Dongi-Dongi. Jenis penelitian ini adalah deskritif kuantitatif dengan menggunakan metode quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa sekolah alam Dongi-Dongi dan semuanya menjadi sampel. Teknik pengumpulan data didahului dengan uji prasayarat diambil dari pengisian angket minat dan hasil belajar. Teknik analisis data adalah regresi sederhana dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas uji dengan taraf signifikan sebesar 95?rdasarkan hasil penelitian ini diperoleh pada taraf kepercayaan t= 95 ?ngan t tabel 140 sehingga t hitung 0.140 sehingga t hitung 4,527. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media alam sebagai sumber belajar dengan yang tidak diajar menggunakan media alam di Sekolah Alam Dongi-Dongi perbedaan hasil belajar tersebut akibat dari pengaruh penggunaan media alam dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media alam terhadap minat dan hasil belajar siswa di sekolah alam Dongi-Dongi. Kata Kunci : Media Alam, Minat, Hasil Belajar |