JudulKONTRIBUSI WAHANA VISI INDONESIA (WVI) TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI WANA KELURAHAN TIPO |
Nama: ARMAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Arman,A 322 16 016. Kontribusi Wahana Visi Indonesia (WVI) Terhadap Pendidikan Anak di Wana Kelurahan Tipo. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan IPS, Program Pascasarjana,Universitas Tadulako. Pembimbing I: Ali Jennah, Pembimbing II: Haliadi. Pendampingan Wahana Wahana Visi Indonesia (WVI) di Dusun Wana, Kelurahan Tipo yang di indentifikasi sebagai masyarakat adat. Melalui metode pendampingan, konsultasi,pembelajaran dan konseling. Selanjutnya menggunakan teori konstruksi sosial dan pendidikan berbasis masyarakat. Adapun metode penelitian ini adalah deskrtiptif kualitatif. Tujuan penelitian menganalisis metode pendampingan dan kontribusi WVI Terhadap Pendidikan Anak di Dusun Wana, Kelurahan Tipo. Hasil penelitian terhadap pendampingan WVI melalui Bidang pendidikan dengan kegiatan mendaftar anak ke sekolah, menyediakan perlengkapan sekolah, pendidikan harmoni, membaca,menulis,menghitung, membangun rumah belajar dan lingkugan ramah anak. Sementara di bidang sosial mengurus akta kelahiran, mengurus kartu tanda penduduk, mengurus kartu keluarga, membentuk forum anak dan organisasi masyarakat sipil. Kemudian di bidang kesehatan di bidang kesehatan WVI melakukan penndmpingan anak sakit, pembuatan kebun gizi, melatih para pendamping ibu hamil untuk memastikan gizi ibu hamil dan bayi dalam kandungan bertujuann untuk peningkatan kapasitas kader posyandu. Adapun Kontribusi WVI terhadap anak di Dusun Wana adalah membentuk kepercayaan diri,keterbukaan, anak-anak melanjutkan pendidikan di tingkt SMP dan SMA dan masyarakat berada pada kondisi transisi. Kata Kunci:Kontribusi WVI dan Pendidikan Anak |