JudulPENANAMAN NILAI CIVIL SOCIETY PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMAN 1, SMA ATMAJAYA DAN SMKN 1 TOLITOLI |
Nama: MOHAMMAD SUBIHARTO |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan substansi muatan materi dalam kurikulum PKn SMA yang memuat nilai-nilai Civil Society. (2) Mendeskripsikan implementasi yang dilakukan guru dalam menanaman nilai Civil Society pada mata pelajaran PKn di SMAN 1, SMA Atmajaya dan SMKN 1 Tolitoli. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, daftar wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan berapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi: (1) Berdasarkan analisis dokumen yang dilakukan oleh penulis pada visi dan misi sekolah serta materi PKn SMA/SMK Kelas X.XI dan XII. Dapat diketahui bahwa dalam materi PKn yang digunakan guru dalam proses pembelajaran PKn di kelas terdapat beberapa nilai civil society, yaitu; toleransi, demokrasi dan pluralis. (2) Nilai-nilai civil society yang ditanamkan melalui pembelajaran PKn di SMAN 1, SMA Atmajaya dan SMKN 1 Tolitoli adalah nilai-nilai demokrasi, toleransi, dan pluralis. Implementasi nilai-nilai civil society dalam pembelajaran PKn di SMAN 1, SMA Atmajaya dan SMKN 1 Tolitoli telah dilaksanakan melalui metode diskusi, ceramah, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi. Serta pendekatan yang digunakan oleh guru dalam proses penanaman nilai civil society adalah pendekatan pembiasaan, pengalaman, emosional dan pendekatan keteladanan. Kata Kunci: Penanaman Nilai, Nilai Civil Society, Pembelajaran PKn |