JudulPerbedaan Penerapan Model Pembelajaran Konsiderasi Dengan STAD Terhadap Sikap Siswa Kelas XI Pada Matapelajaran PPKn Di SMA Negeri 9 Palu |
Nama: SUNARTO |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan sikap siswa kelas XI yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konsiderasi dengan STAD Pada Mata pelajaran PPKn Di SMA Negeri 9 Palu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Palu Tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 105 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model konsiderasi dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran koopertif tipe STAD. Desain penelitian menggunakan pretest-postest control group design. Uji statistika yang digunakan yaitu Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS diperoleh bahwa Nilai t hitung< t> untuk kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model konsiderasi sebesar 83?lam kategori tinggi. Adapun untuk kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 62?lam kategori sedang. Kata Kunci : Pembelajaran konsiderasi, STAD, Sikap. |