JudulPengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 8 Tanantovea |
Nama: MUZNAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Muznah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 8 Tanantovea. Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Sosial, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Muhammad Ali Jennah, (2) Jamaluddin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa di SDN 8 Tanantovea. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 8 Tanantovea Tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 115 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas 5 SDN 8 Tanantovea sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Desain penelitian menggunakan pretest-postest design. Uji statistika yang digunakan yaitu Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS diperoleh bahwa hasil uji pengaruh pembelajaran PJBL terhadap aktivitas belajar siswa diperoleh Nilai t hitung > t tabel atau 0,691>0,684 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran PJBL terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SDN 8 Tanantovea. Sedangkan pada hasil belajar diperoleh Nilai t hitung > t tabel atau 0,799>0,684 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelejaran PJBL terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 8 Tanatovea pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Project Based Learning, aktivitas, hasil belajar. |