Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI SMP NEGERI 10 PALU
Nama: DJAYA MANDIRI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Djaya Mandiri, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PKn di SMP Negeri 10 Palu. Dosen Pembimbing (1) Dahlia Syuaib dan (2) Jamaluddin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) perbedaan hasil belajar antara siswa motivasi tinggi pada model pembelajaran think pair share (TPS) dengan siswa motivasi tinggi pada model pembelajaran konvensional; (3) perbedaan hasil belajar antara siswa motivasi rendah pada model pembelajaran think pair share (TPS) dengan siswa motivasi rendah pada model pembelajaran konvensional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian bentuk quasi eksperiment 2 x 2. Variabel perlakuan adalah model pembelajaran dan variabel atribut adalah motivasi belajar, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur dengan sel tak sama untuk taraf signifikansi 5%. Hasil analisis perbedaan hasil belajar antara kelas think pair share (TPS) dan konvensional dibuktikan dengan nilai uji statistik dimana Fhitung = 7.084 dan Ftabel = 5.79 atau H0 ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas think pair share (TPS) dan konvensional. Nilai uji statistik dimana Fhitung = 25.27 dan Ftabel = 5.79 atau H0 ditolak artinya terdapat perbedaan antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Kata kunci: Model Pembelajaran, Motivasi, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up