JudulDAMPAK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM PROSES INTEGRASI SOSIAL STUDI PADA SISWA ETNIS TIONGHOA DI SMA KARUNA DIPA PALU |
Nama: SITI ROUDAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Tujuan penelilitian adalah untuk (1) mengetahui substansi pembelajaran pendidikan dengan konsep multikultural di SMA Karuna Dipa Palu. (2) mengetahui dampak pembelajaran pendidikan dengan konsep multikultural terhadap siswa etnis Tionghoa di SMA Karuna Dipa Palu. penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, Penelitian ini dilakukan di SMA Karunadipa Palu, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Karunadipa Palu, teknik pengumpulan data yang dilakukan mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan substansi pemebelajaran berbasis multikultur di SMA Karunadipa Palu terdapat pada pembelajaran PPKN, Sosiologi, dan Sajarah dimana dari ketiga mata pelajaran ini dikembangkan tiga konsep pembelajaran multikultur yaitu, konsep Bhineka Tunggal Ika, Konsep Hak Asasi Manusia dan Konsep Demokrasi. Konsep multikulturalisme yang ada pada pada pelajaran ilmu sosial dapat mengubah sudut pandang siswa etnis Tionghoa dimana dulunya siswa Etnis Tionghoa yang kurang berbaur dengan Etnis lainnya kini terjadi interaksi yang sangat baik, siswa Etnis Tionghoa terlihat mulai berbaur dan mau bekerja sama dengan siswa yang bukan etnis tionghoa. Hal tersebut berdampak mengembangkan jiwa sosial, naluri manusia yang selalu bermasyarakat, berbangsa dan bersuku-suku, sikap berinteraksi, kemampuan bersosialisasi, mengakui keragaman,mengakui keberagamaan, mengakui kebersamaan. Kata Kunci : multikultur, integrasi, etnik Tionghoa, SMA Karunadipa Palu |