JudulIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI |
Nama: RAHMADANI H. DUNGGIO |
Tahun: 2025 |
Abstrak Rahmadani H. Dunggio, 2025. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing; Sukmawati . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL). Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif . Adapun Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri 1 Guru PPKn, Kepala Sekolah dan 3 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu yaitu 1) mengimplementasikan pembelajaran berdeferensiasi melalui pendekatan TaRL pada mata pelajaran PPKn di kelas IX Aljabar, dilihat dari guru telah menerapkannya melalui tahapan asesmen awal, mengklasifikasi kebutuhan peserta didik, penyusunan rancangan pembelajaran dan refleksi serta evalusi. 2) faktor pendukung dan penghamabat dalam mengimplementasikan pendekatan TaRL pada mata pelajaran PPKn di kelas IX Aljabar SMPN Model Terpadu Madani Palu. faktor pendukung yaitu dukungan pimpinan sekolah, kesiapan guru yang terlatih, serta keterampilan pengelolaan kelas yang baik telah membantu kesuksesan implementasi tersebut. Namun hambatannya adalah membutuhkan waktu persiapan yang cukup panjang dan miskonsepsi dari beberapa pihak terutama orang tua dan siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi;Pendekatan TaRL;PPKn |