JudulPersepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Perangkat Desa Dalam Memberikan Pelayanan Umum Di Bolano Tengah Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: ISTI QUMAIRA I. TAIYE LUGU |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Isti Qumaira I. Taiye Lugu, “Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Perangkat Desa Dalam Memberikan Pelayanan Umum di Bolano Tengah, Kecamatan Bolano, Kabupaten Parigi Moutong” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Shofia Nurun Alanur S. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan umum di Desa Bolano Tengah, Kecamatan Bolano, Kabupaten Parigi Moutong, serta untuk mengevaluasi persepsi masyarakat terhadap kinerja tersebut dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah yang dibahas meliputi: (1) Kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan umum, (2) Persepsi masyarakat terhadap kinerja perangkat desa, dan (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bolano Tengah, Kecamatan Bolano, Kabupaten Parigi Moutong dan dilaksanakan dalam waktu 2 bulan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 14 orang masyarakat dan 7 orang perangkat Desa. Adapun teknis analisis data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan Kusioner (angket). Bredasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan kinerja perangkat Desa dalam memberikan pelayanan umum masih kurang memenuhi harapan masyarakat. Masyarakat juga merasa pelayanan administratif sering memakan waktu lama, mencerminkan rendahnya kuantitas pelayanan, Pelaksanaan tugas perangkat desa perlu lebih efektif, dan tanggung jawab dalam pengelolaan program serta komunikasi dengan masyarakat perlu ditingkatkan. Persepsi masyarakat terhadap kinerja perangkat Desa dalam memberikan pelayanan umum menunjukkan transparansi pelayanan masih menjadi masalah, dengan informasi yang kurang jelas terkait kebijakan dan keputusan perangkat Desa. Akuntabilitas juga masih perlu diperbaiki, di mana laporan penggunaan anggaran dan kegiatan desa belum cukup transparan dan rinci. Partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan masih terbatas, dan distribusi bantuan tidak selalu adil dan merata. Faktor- faktor yang mempengaruhi persepsi masyarkat adalah faktor Internal seperti harapan dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang transparan dan adil, serta faktor eksternal seperti kualitas informasi yang diterima masyarakat mengenai kebijakan desa. Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Kinerja, Perangkat Desa, Pelayanan Umum |