Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COLLABORATION SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 2 PALU
Nama: MARZELLA DALLA
Tahun: 2025
Abstrak
Marzella Dalla, 2025.”Peran Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Collaboration Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Windy Makmur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan collaboration siswa dalam mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Palu dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan collaboration siswa. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 36 orang yang terdiri 1 guru PPKn, 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara,angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan 4 tahap yaitu : reduksi data,penyajian data,analisis data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang peneliti peroleh yaitu 1) Peran media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan collaboration siswa dalam mata Pelajaran PPKn,mayoritas siswa meberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media khususnya media power point,dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa. Hal ini ditunjukan oleh Sebagian besar siswa yang menyatakan Setuju dan Sangat Setuju dalam angket sebanyak 58?n Sangat Setuju 42%.2) Faktor pendukung media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan collaboration siswa pada mata Pelajaran PPKn seperti meningkatkan daya tarik pembelajaran,memerjelas konsep,mendukung gaya pembelajaran yang beragam,memfasilitasi pembelajaran mandiri,menghadirkan pembelajaran yang konsektual dan nyata,meningkatkan retensi dan pemahaman materi,mendorong kolaborasi dan interaksi. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya waktu belajar pada saat proses pembelajaran dan sebagian anak memiliki sifat egois. Kata Kunci : Peran Media, Kemampuan Collaboration, Pembelajaran PPKn

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up