Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Metode Pembelajaran Brainstorming (curah Pendapat) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 1 Labuan
Nama: LISDAYANI
Tahun: 2025
Abstrak
Lisdayani, 2025. “Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming (curah pendapat) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Labuan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Sunarto Amus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar siswa melalui metode pembelajaran Brainstorming pada mata pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 1 Labuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahapan penelitian yang mengacu pada model Kurt lewin : (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran PPKn yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara,dan dokumentasi. Dari hasil penerapan metode pembelajaran Brainstorming diperoleh hasil dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II yakni aktivitas guru diperoleh dari 50% meningkat menjadi 76,66?n masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan observasi motivasi belajar siswa pada siklus I dan II diperoleh mengalami peningkatan yang awalnya siklus I masih terdapat siswa yang memperoleh skor 1 dan tidak terdapat siswa yang memperoleh skor 4 sedangkan pada siklus II sudah tidak terdapat siswa yang memperoleh skor 1 dan sudah terdapat beberapa siswa yang memperoleh skor 4. Dan Hasil observasi indikator motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, yakni dari persentase 50% menjadi 100?ngan kategori “sangat baik”. Kata kunci: Metode Brainstorming, Motivasi Belajar,Mata, Pelajaran PPKn Lisdayani, 2025. “Implementation of Brainstorming Learning Method to Improve Student Learning Motivation in PPKn Subject at SMP Negeri 1 Labuan”. Skripsi. Pancasila and Citizenship Education Study Program, Department of Social Science Education, Faculty of Teacher Training and Education. Supervisor: Sunarto Amus. This study aims to improve students' learning motivation through the Brainstorming learning method in the PPKn subject for Class VIII at SMP Negeri 1 Labuan. The type of research used is classroom action research (PTK) which consists of 2 cycles. The research design follows the research stages that refer to the Kurt Lewin model: (1) planning stage, (2) implementation stage, (3) observation stage, (4) reflection stage. The subjects of this study were 20 class VIII students who took the PPKn subject. Data collection techniques in this study were carried out using observation sheets, interviews, and documentation. From the results of the application of the Brainstorming learning method, the results obtained can increase student learning motivation from cycle I to cycle II, namely teacher activity was obtained from 50% increasing to 76.66% and entering the very good category. Based on observations of students' learning motivation in cycles I and II, it was found that there was an increase, initially in cycle I there were still students who obtained a score of 1 and there were no students who obtained a score of 4, while in cycle II there were no students who obtained a score of 1 and there were several students who obtained a score of 4. And the results of observations of student learning motivation indicators in cycles I and II increased, namely from a percentage of 50% to 100% with the category "very good". Keywords: Brainstorming Method, Learning Motivation, Subject, PPKn Lesson

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up