Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProblematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Guru PPKn Lanjut Usia Terhadap Kompetensi Profesional Di SMP NEGERI 2 Palu
Nama: ISRA
Tahun: 2025
Abstrak
IyaIsra No Stb.A321 21 065, 2025. “ Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Guru PPKn Lanjut Usia Terhadap Kompetensi Professional Di SMP Negeri 2 Palu” Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing Windy Makmur Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan faktor penyebab guru PPKn lanjut usia kesulitan dalam menggunakan Platfrom Merdeka Mengajar.Untuk mendiskripsikan dampak Platform Merdeka Mengajar Terhadap kompentensi Profesional Guru. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek penilitian berjumlah 3 orang yaitu kepala sekolah, 1 wakil kepala sekolah kurikulum, 1 guru PPKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitian menunjukan bahwa: (1) Kesulitan guru lanjut usia dalam menggunakan platform merdeka mengajar di SMP Negeri 2 Palu disebabkan rendahnya pemahaman terhadap teknologi, Banyaknya fitur fitur platform merdeka mengajar, dan untuk mengatasi kesulitan memanfaatkan platform merdeka mengajar dapat di atasi melalui komunitas belajar. (2) Dampak pemanfaatan platform merdeka mengajar, dapat memberikan penguatan secara terstruktur dalam memahami materi, pola pikir, menemukan inspirasi dalam mengembangkan kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan pembelajaran secara kreatif, membuat keprofesionalan secara berkelnjutan, dan dapat memanfatkan teknologi dalam mengembangkan diri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesulitan guru PPKn lanjut usia di sebabkan ada 2 faktor yaitu rendahnya pemahaman terkait teknologi. Kurangnya pemahaman terhadap fitur fitur. Pemanfaatan guru PPKn dalam menggunakan platform merdeka mengajar terhadap kompetensi profesioanl guru di SMP Negeri 2 Palu yaitu dapat membantu guru lanjut usia dalam memahami tentang materi, struktur, dan pola pikir, berpengaruh dalam mengembangkan kompetensi dan kompetensi dasar, berkontribusi dalam pembelajaran secara kreatif, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan, memanfatkan teknologi dalam mengembangkan diri. Kata Kunci :Guru PPKn, lanjut usia, PMM. Isra, A32121065, 2025. " The Problem of Using the Merdeka Platform to Teach Elderly Civics Teachers on Professional Competence at SMP Negeri 2 Palu”. Skripsi. Pancasila and Citizenship Education Study Program, Department of Social Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University, Supervisor: Windy Makmur. The aim of the research is to describe the factors that cause elderly PPKn teachers to have difficulty using the Merdeka Mengajar Platform. To describe the impact of the Merdeka Mengajar Platform on Teacher Professional Competence. The type of this research is qualitative descriptive research. There were 3 research subjects, namely the principal, 1 deputy principal for curriculum, 1 Civics teacher. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that: (1) The difficulties of elderly teachers in using the independent teaching platform at SMP Negeri 2 Palu are due to their low understanding of technology, the many features of the independent teaching platform, and to overcome the difficulties in using the independent teaching platform that can be overcome through learning communities. (2) The impact of using the independent teaching platform is that it can provide structured reinforcement in understanding material, thought patterns, finding inspiration in developing basic competencies and competencies, developing learning creatively, creating sustainable professionalism, and being able to utilize technology to develop oneself. The conclusion of this research is that the difficulties of elderly PPKn teachers are caused by 2 factors, namely low understanding regarding technology. Lack of understanding of features. The use of PPKn teachers in using the independent teaching platform on the professional competence of teachers at SMP Negeri 2 Palu can help elderly teachers understand material, structure and thought patterns, have an influence in developing basic competencies and competencies, contribute to learning creatively, develop professionalism in a sustainable manner, utilize technology to develop themselves. Keywords: PPKn teachers, elderly, PMM

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up