JudulPenerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Di SMK Negeri 8 Palu |
Nama: WIDYA ASTUTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Widya Astuti, 2025. “Penerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn di SMK Negeri 8 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Shofia Nurun Alanur S. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi canva dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 8 Palu, (2) untuk mendeskripsikan tingkat minat belajar siswa pada pembelajaran PPKn setelah penerapan aplikasi canva di SMK Negeri 8 Palu. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 31 orang yaitu 1 orang guru PPKn dan 30 orang siswa kelas X Kimia Industri B SMK Negeri 8 Palu. Jenis penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu, (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan aplikasi canva dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 8 Palu di kelas X Kimia Industri B sangat mudah untuk digunakan dalam pembelajaran PPKn, dan aplikasi Canva juga memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. (2) Penerapan aplikasi canva dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 8 Palu, hal ini terlihat pada saat guru menerapkan pembelajaran menggunakan aplikasi canva siswa sangat antusias dan semangat mengikuti pembelajaran PPKn. Berdasarkan hasil angket postest yang telah di bagikan menunjukkan bahwa minat mereka terhadap pembelajaran PPKn meningkat dengan signifikan setelah penerapan aplikasi canva. Berdasarkan hasil penelitian peneliti dapat menarik kesimpulan (1) Hasil penerapan aplikasi Canva untuk meningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 8 Palu menunjukkan peningkatan yang signifikan pada minat belajar siswa. Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Adapun langkah-langkah guru dalam penerapan aplikasi canva yaitu persiapan materi dan perencanaan, pembuatan desain atau powerpoint, pemanfaatan template yang interaktif, dan memberikan tugas berbasis proyek, (2) Penerapan aplikasi canva dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 8 Palu mampu meningkatkan minat belajar siswa yang di tunjukkan dengan perasaan senang, siswa terlibat dalam proses pembelajaran, siswa tertarik dengan pembelajaran menggunakan aplikasi canva, dan siswa memberikan perhatian saat guru menjelaskan materi pelajaran. Kata Kunci: Aplikasi Canva, Minat belajar siswa, Pembelajaran PPKn |