Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas VIII Raden Saleh SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu
Nama: HUSAENA ALMAHDALI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Husaena Almahdali, 2025. “Efektivitas Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran PPKn kelas VIII Raden Saleh di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing, Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri Model Terpadu Madani dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri Model Terpadu Madani. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 33 orang yaitu 1 orang guru mata pelajaran PPKn, dan 32 orang siswa kelas VIII Raden Saleh SMP Negeri Model Terpadu Madani. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching sudah efektif. Efektivitas penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching terlaksana dengan menerapkan 5 indikator keefektifan pembelajaran yakni pengelolaan pelaksanaan pembelajaran setelah penerapan membuahkan hasil yang baik, proses komunikatif yang terjalin dengan baik, respon peserta didik yang menunjukkan respon positif dari peserta didik, aktivitas belajar yang menghasilkan keterlibatan/partisipasi siswa yang lebih dalam kelas dan hasil belajar yang menujukkan hasil yang signifikan pada aspek psikomotor, kognitif dan afektif pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Culturally Responsive Teaching efektif digunakan dalam pembelajaran PPKn. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Culturall Responsive Teaching sangat menarik dan relevan bagi siswa, sehingga efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri Model Terpadu Madani. Kata Kunci: Penerapan, Culturally Responsive Teaching, Pembelajaran PPKn.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up