Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Civic Disposition Perspektif Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Dondo
Nama: SARWINA AYU LESTARI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Sarwina Ayu Lestari, 2025. “Penerapan Civic Disposition Perspektif Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Dondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dwi Septiwiharti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Nilai-nilai utama dalam filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang dapat menumbuhkan civic disposition pada siswa di SMA Negeri 1 Dondo. (2) Penerapan civic disposition dalam perspektif filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara pada siswa di SMA Negeri 1 Dondo. Jenis metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PPKn, Guru BK, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas XE 1 SMA Negeri 1 Dondo. Analisis data dilakukan dengan empat tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SMA Negeri 1 Dondo secara aktif menanamkan civic disposition pada siswa dengan mengintegrasikan nilai-nilai filosofi Ki Hadjar Dewantara, berfokus pada pengembangan karakter privat dan publik. Sekolah menekankan tanggung jawab moral melalui tugas dan konsekuensi, disiplin diri lewat pembiasaan dan teladan guru, penghargaan melalui diskusi toleransi, kepedulian lewat ekstrakurikuler dan penanganan kasus, kesopanan melalui budaya lokal dan etika digital, berpikir kritis pada analisis informasi dan diskusi agama, serta kemauan untuk mendengar, bernegosiasi, dan berkompromi dalam kerja kelompok dan nilai toleransi. (2) Penerapan civic disposition dalam perspektif filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara pada siswa di SMA Negeri 1 Dondo meliputi tanggung jawab moral, disiplin diri, penghargaan, kepedulian sebagai warga negara, kesopanan, berpikir kritis, kemauan untuk mendengar, bernegosiasi dan berkompromi ditemukan dalam pembelajaran PPKn dan Pendidikan Agama Islam. Kesimpulan penelitian ini yaitu SMA Negeri 1 Dondo berkomitmen kuat dalam membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan civic disposition yang matang relevan dengan nilai-nilai filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Kata Kunci : Filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Civic Disposition

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up