| Judul EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PPKn DALAM MEMBENTUK KESADARAN DEMOKRASI SISWA SMP NEGERI 5 SINDUE |
| Nama: IMEL LIANA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Imel Liana, 2025. “ Efektivitas Pembelajaran PPKn dalam membentuk kesadaran demokrasi siswa SMP Negeri 5 Sindue”. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Imran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) efektivitas pembelajaran PPKn dalam membentuk kesadaran demokrasi siswa SMP Negeri 5 Sindue (2) faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran PPKn dalam membentuk kesadaran demokrasi siswa SMP Negeri 5 Sindue. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PPKn dan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sindue sebanyak 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Sindue efektif membentuk kesadaran demokrasi siswa melalui teori dan praktik, dukungan guru, sekolah, dan keluarga. Hambatan meliputi pemahaman rendah, budaya otoriter, dan rasa minder. Upaya mengatasinya dengan pelatihan guru, pembelajaran pengalaman, dan penguatan mental serta partisipasi siswa. (2) Efektivitas pembelajaran PPKn dalam membentuk kesadaran demokrasi siswa di SMP Negeri 5 Sindue dipengaruhi oleh faktor internal seperti kesehatan fisik, motivasi, dan kepercayaan diri siswa, serta faktor eksternal seperti lingkungan sekolah yang demokratis, dukungan keluarga, dan masyarakat. Efektivitas pembelajaran PPKn tergantung pada sinergi kondisi siswa dan dukungan, dengan sekolah sebagai tempat utama penanaman nilai demokrasi. Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, PPKn, Kesedaran Demokrasi. |