Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI COLLABORATIVE LEARNING DI SMA NEGERI 4 PALU
Nama: ASMINARTI ISHAK
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) implementasi pengembangan keterampilan sosial peserta didik melalui Collaborative Learning di SMA Negeri 4 Palu, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan model Collaborative Learning dalam mengembangkan keterampilan sosial pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 4 Palu. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang siswa kelas XI-D, guru mata pelajaran PPKn, dan kepala SMA Negeri 4 palu. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi model pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) tentunya harus terjadi diskusi, kontak langsung antar anggota kelompok, dan setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk menyampaikan gagasan maupun pendapatnya dalam mengambil sebuah keputusan. Pengembangan keterampilan sosial melalui collaborative learning (pembelajaran kolaboratif) dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada individu, terutama dalam hal meningkatkan kemampuan berinteraksi, bekerja dalam tim, dan menyelesaikan masalah secara kolektif. (2) Faktor pendukung yaitu ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa, lingkungan belajar yang nyaman sehingga membuat siswa lebih fokus dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat yaitu perbedaan kemampuan akademik seperti ketika terjadinya diskusi tidak berjalan sesuai yang di harapkan terkadang diskusi menjadi pasif (tidak aktif) karena kurangnya partisipasi dari beberapa siswa, kemudian kurangnya motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri untuk membangkitkan semangat dirinya dalam melakukan proses pembelajaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up