Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN PPKn DI SMPN 6 BOLANO LAMBUNU
Nama: MUHAMMAD FATHUN
Tahun: 2025
Abstrak
Muhammad Fathun 2025, “Penerapan dimensi berkebinekaan global profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran PPKn di SMPN 6 Bolano Lambunu”. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Dr. Dwi Septiwiharti, S.S, M.Phil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan dimensi berkebinekaan global profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran PPKn di SMPN 6 Bolano Lambunu. (2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan dimensi berkebinekaan global profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran PPKn di SMPN 6 Bolano Lambunu. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PPKn, dan 30 orang siswa kelas VIII A SMPN 6 Bolano Lambunu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penerapan dimensi berkebinekaan global profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran PPKn di SMP Negeri 6 Bolano Lambunu di integrasikan dengan model pembelajaran Discovery learning, dan Problem based learning, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan Berdiferensiasi dan Kontekstual, dengan metode Diskusi dan Simulasi untuk menguatkan empat elemen dari dimensi berkebinekaan global yaitu elemen mengenal dan menghargai budaya, Komunikasi dan interaksi antar budaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan dan berkeadilan sosial di SMP Negeri 6 Bolano Lambunu. (2) faktor pendukung penerapan dimensi berkebinekaan global profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran PPKn yaitu pembawaan diri siswa yang terbuka, kepribadian siswa yang ingin belajar perbedaan, dukungan dari pendidik serta lingkungan sekolah. Faktor penghambat dimensi berkebinekaan global profil pelajar Pancasila yaitu kurangnya suatu pemahaman yang disampaikan oleh pendidik, terbatasnya waktu kegiatan belajar mengajar, dan minat peserta didik yang sangat kurang terhadap mata pelajaran. Kata Kunci : Penerapan, Dimensi Berkebinekaan Global, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran PPKn

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up