JudulPenguatan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran PPKn Pada Siswa SMKN 1 Labuan |
Nama: ERISKA RISKI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Eriska Riski, 2025, “Penguatan dimensi profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran PPKn di SMKN 1 Labuan”. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi penguatan dimensi profil pelajar pancasila melalui pembelajaran PPKn pada siswa SMKN 1 Labuan. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan dimensi profil pelajar pancasila melalui pembelajaran PPKn pada siswa SMKN 1 Labuan. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala sekolah, dua guru PPKn, dan 6 orang siswa SMKN 1 Labuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi penguatan dimensi profil pelajar pancasila melalui pembelajaran PPKn pada siswa SMKN 1 Labuan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penilaian. (2) Faktor pendukung penguatan dimensi profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran PPKn yaitu faktor internal meliputi kemauan siswa untuk belajar dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan eksternal meliputi, kebijakan dan program sekolah yang memfasilitasi pembelajaran karakter. Faktor penghambat dimensi profil pelajar Pancasila yaitu terbatasnya waktu kegiatan belajar mengajar, dan minat peserta didik yang sangat kurang terhadap mata pelajaran. Kata Kunci : Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran PPKn |