JudulKOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 LORE UTARA |
Nama: VISCA ANUGRAH MAHILE |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Visca Anugrah Mahile, 2024 “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Lore Utara” ,Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan ilmu pengetahuan sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Shofia Nurun Alanur. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Lore Utara, mendeskripsikan karakter siswa yang terbentuk melalui Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Lore Utara, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pertama Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Lore Utara yaitu dengan cara: a) integrasi melalui mata pelajaran guru PPKn mengembangkan pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran tersebut memberikan contoh nyata dari perilaku karakter, dan melatih kompetensi guru dalam mengajar. b) Pengembangan diri dalam membentuk karakter yaitu dengan mewajibkan seluruh siswa mengikuti kegiatan pembelajaran PPKn dan mengarahkan siswa untuk mengembangkan karakter baik dalam pembelajaran. c) budaya sekolah yaitu selalu mengharuskan kepada siswa sebelum memulai dan mengakhiri pembelajaran harus membaca doa. Dan untuk mengembangkan budaya 8M melakukan teguran kepada siswa yang tidak menerapkannya. Adapun karakter-karakter siswa yang terbentuk dalam mengembangkan perilaku siswa di SMA Negeri 1 Lore Utara. Guru PPKn mengalami beberapa karakter siswa yang terbentuk Pertama, pengaruh globalisasi yang berkaitan dengan teknologi seperti gawai. Kedua, berkaitan dengan kontrol diri. dan Ketiga, teman sebaya. solusi yang dapat menghadapi karakter-karakter di atas antara lain: pertama, melalui sarana prasarana dan Kedua, mengarahkan siswa untuk ikut kegiatan keagamaan. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Pembentukan karakter, Pembelajaran PPKn |