JudulPROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 9 PALU |
Nama: BULAN MARHAMA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Bulan Marhama A32120110 (2025). “Problematka Guru Dalam Menerapkan Kurkulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PPKn” skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pembimbing: Imran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 9 Palu, serta upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah dan 1 orang guru PPKn SMP Negeri 9 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika yang dialami guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 9 Palu yaitu menyesuaikan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana harus mengembangkan karangkter dan kemampuan siswa. Pembelajaran berdiferensiai yaitu menyesuaikan pembelajaran dan memastikan siswa berfikir kritis. Penyusunan perangkat pembelajaran modul ajar seperti menyesuaikan karakter siswa dan mengintegrasikan profil pelajar Pancasila dan kurangnya pemahaman siswa terhadap Kurikulum Merdeka yaitu kesulitan belajar mandiri serta menerapkan nilai-nilai Pancasila. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi Kurikulum Merdeka mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yaitu guru PPKn mengatasi tantangan Kurikulum Merdeka dengan menerapkan proyek, diskusi, dan metode berbasis teknologi untuk meningkatkan partisipasi dan interaksi siswa. Sebagai kesimpulan kendala dalam pembelajaran siswa lebih aktif, diferensiasi dan penyusunan modul ajar. Untuk mengatasinya guru menerapkan metode variatif, mengikuti pelatihan dan melibatkan orang tua. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Problematika guru, PPKn. |