JudulPendidikan Politik Melalui Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa Di SMP Negeri 9 Palu |
Nama: ANASTASYA CHRISTI ANGELIKA. PULANGA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Anastasya Christi Angelika. Pulanga, (2024). Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa Di SMP Negeri 9 Palu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pembimbing Sunarto Amus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab rendahnya kesadaran politik siswa di SMP Negeri 9 Palu dan mendeskripsikan upaya meningkatkan kesadaran politik siswa di SMP Negeri 9 Palu. Lokasi penelitian di SMP Negeri 9 Palu. Subjek pada penelitian berjumlah 5 orang terdiri dari 1 guru mata pelajaran PPKn, 1 guru pembina OSIS, 3 orang siswa. Metode penelitian adalah Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab rendahnya kesadaran poitik pada siswa kurangnya partisipasi dan minat siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas, pembelajaran yang kurang aktif, siswa yang kurang berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan pemilihan ketua OSIS, dan mengikuti program kesiswaan yang ada disekolah. Upaya meningkatkan kesadaran politik siswa tidak hanya didapatkan pada pembelajaran PPKn saja, atau ekskul tetapi juga pada penguatan profil pelajar pancasila, guru memberikan dukungan serta motivasi kepada siswa agar dapat mengikuti kegiatan-kegiatan ekskul/program kesiswaan yang ada disekolah yang dapat menumbuhkan partisipasi politik pada siswa. Kata Kunci: Pendidikan Politik, Pembelajaran PPKn, Kesadaran Politik |