JudulIMPLEMENTASI MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 13 PALU |
Nama: IRNAYANTI .R. TOMEYS |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Irnayanti .R. Tomeys , “Implementasi modul ajar kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Palu” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Shofia Nurun Alanur S Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan cara guru mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan pancasila di kelas Vll A, (2) untuk mendeskripsikan cara guru mengimplementasikan modul ajar kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan pancasila di kelas Vll A. Lokasi penelitian di SMP Negeri 13 Palu. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 7 orang yaitu 2 orang guru mata pelajaran pendidikan pancasila dan 5 orang peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan modul ajar kurikulum merdeka guru mengawali dengan memahami modul yang ingin di ajarkan kepada peserta didik dan mampu mengidentifikasi tujuan pembelajaran secara jelas, guru harus mempunyai keterampilan untuk mengajar dengan cara yang dapat dipahami oleh peserta didik, guru sudah tau metode apa yang digunakan dalam mengembangkan modul ajar, guru dalam penilaian melibatkan beberapa aspek untuk memastikan modul ajar yang digunakan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik, serta komitmen terhadap pengembangan profesional terhadap pengembangan diri dan keterampilan peserta didik dalam belajar. Guru di SMP Negeri 13 Palu sudah mampu mengembangkan modul ajar di lihat dari modul yang telah disusun guru sudah sesuai dengan panduan kementerian serta dalam menyampaikan materi di dalam kelas guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memberikan argumen mengenai pembelajaran yang akan disampaikan dan memberi respon atau umpan balik kepada peserta didik agar proses pembelajaran menjadi menarik. (2) Implementasi modul ajar kurikulum merdeka guru tersebut sudah menyusun modul ajar sesuai dengan identitas modul ajar yang mencerminkan karakteristik dan ciri khas modul, kompetensi awal membahas tentang pengetahuan dasar, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, target siswa, model pembelajaran, instrumen umum serta komponen inti yang mencakup kegiatan-kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Implementasi, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PPKn |