Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Active Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 8 Palu
Nama: NURUL HIDAYAH
Tahun: 2025
Abstrak
Nurul Hidayah, <Penerapan Model ACTIVE LEARNING Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PPKn DI SMA Negeri 8 Palu.= Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Windy Makmur. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model active learning untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran PPKn di SMAN 8 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa kelas X IPS 1. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis dilakukan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan model pembelajaran active learning sesuai dengan langkah-langkah: (1) Membentuk kelompok, (2) Guru menyajikan materi, (3) Guru memberi tugas untuk dikerjakan, anggota kelompok yang mengetahui jawabannya memberi penjelasan kepada anggota kelompok, (4) Guru memberi pertanyaan/kuis, (5) Pembahasan kuis, dan (6) Kesimpulan. Model active learning mampu membuat suasana belajar lebih aktif. Hal ini dapat dilihat dengan interaksi siswa dengan siswa lain saat bekerja sama dalam kelompok, keterlibatan siswa dalam diskusi, penguasaan materi pembelajaran saat tanyajawab bahkan siswa berani untuk memberikan simpulan pada akhir pembelajaran untuk menjadi pengingat teman-temanya bahwa yang mereka pelajari adalah hal yang sangat penting. Dengan demikian indikator dari keberhasilan dan kualitas pembelajaran sudah terpenuhi dalam proses pembelajaran di kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Palu. Kata Kunci: Model Active Learning, Pembelajaran PPKn

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up