Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PPKn DALAMMENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C PADA SISWA DI SMP SATU ATAP MALANGGA KECAMATAN GALANG KABUPATEN TOLITOLI
Nama: RAHMADANI
Tahun: 2024
Abstrak
Rahmadani, “Penerapan strategi pembelajaran guru PPKn dalam mengembangkan keterampilan 4C pada siswa di SMP Negeri Satu Atap Malangga Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli.” Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Shofia Nurun Alanur S. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran guru PPKn yang efektif untuk mengembangkan keterampilan 4C pada siswa di SMP Negeri Satu Atap Malangga, (2) Untuk mendeskripsikan yang dilakukan oleh guru PPKn untuk mendukung tumbuhnya keterampilan 4C pada siswa di SMP Negeri Satu Atap Malangga, (3) Untuk mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan strategi pembelajaran guru PPKn untuk mengembangkan keterampilan 4C pada siswa di SMP Negeri Satu Atap Malangga. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru melakukan perencanaan pembelajaran dengan urutan identifikasi KD yang berbasis HOTS, analisis model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik KD, integrasi model pembelajaran kedalam pendekatan saintifik serta perangkat pembelaran seperti silabus san RPP. (2) Mendukung tumbuhnya keterampilan Critical Thinking siswa, guru PPKn mengajarkan HOTS secara spesifik dalam ranah pembelajaran, melaksanakan tanya jawab dan diskusi. Mendukung tumbuhnya keterampilan Collaboration siswa, guru PPKn mengajarkan siswa untuk bekerja dengan hormat dengan tim berbeda, melatih dan mendorong siswa untuk menggambil tanggung jawab. Mendukung tumbuhnya keterampilan Creative siswa, guru PPKn memberikan pertanyaan dan mengajak siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Mendukung tumbuhnya keterampilan Communication siswa, guru PPKn mengajarkan siswa mengartikulasikan pikiran dan gagasan secara lisan dan tulisan, mengajarkan siswa mendengar aktif dan efektif. (3) Kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam mengembangkan keterampilan 4C yaitu kondisi fisik, kecemasan, perkembangan intelektual, siswa yang belum terbiasa dengan tugas menganalisis video permasalahan yang diberikan oleh guru karena terbiasa dengan pembelajaran yang monoton, motivasi siswa dalam belajar tidak menentu, kerjasama siswa masih kurang ditandai dengan tugas kerja kelompok tidak semua siswa berkontribusi, lingkungan kelas yang biasanya kurang kondusif serta siswa yang masih biasa menggunakan bahasa yang tidak baku dan bahasa daerah. Kata Kunci: Keterampilan 4C, Guru PPKn, Strategi Pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up