JudulPERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SMP NEGERI 20 PALU |
Nama: MILAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Milan “ Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Di SMP Negeri 20 Palu” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Nasran Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk bullying yang terdapat di SMP Negeri 20 Palu (2) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi perilaku bullying di SMP Negeri 20 palu. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa (1) Bentuk perilaku bullying yang terdapat di SMP Negeri 20 Palu yaitu bentuk bullying fisik berupa memukul dan mendorong. bullying verbal berupa menjelek-jelekan korban, memanggil dengan nama orang tua, rasis dan melakukan sikap agresif kepada korban kemudian bullying mental/psikologis seperti melirik dengan sinis, mengancam dengan ekspresi tidak menyenangkan. Beberapa bentuk bullying yang terjadi di sekolah tersebut yang paling dominan terjadi adalah bentuk bullying verbal.(2) Upaya guru dalam mengatasi perilaku bullying di SMP Negeri 20 Palu yaitu dengan cara; Mengetahui akar permasalahan terjadinnya bullying, Memberikan program “stop bullying”, Membimbing secara klasikal maupun manual, Membuat kelompok belajar, Memberikan himbauan kepada siswa yang melakukan bullying dan siswa yang berpotensi menjadi pelaku bullying, Memajang poster anti bullying di lingkungan sekolah. Sebagai kesimpulan guru sangat berperan penting dalam mengatasi tindakan bullying kepada peserta didik, agar perilaku bullying tidak berlanjut ke usia remaja nanti. Kata Kunci : Peran Guru, Mengatasi, Perilaku Bullying |