JudulKemampuan Guru Dalam Penyusunan Soal Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 1 Banawa Tengah Kabupaten Donggala |
Nama: MADINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) Tingkat kemampuan guru dalam penyusunan soal berbasis HOTS pada mata pelajaran PPKn, (2) Faktor penghambat guru dalam penyusunan soal berbasis HOTS pada mata pelajaran PPKn. Metode Penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Teknik Analisis Data yang digunakan (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian ini peneliti menemukan bahwa, (1) Kemampuan guru PPKn dalam penyusunan soal di SMP Negeri 1 Banawa Tengah, dilihat dari tiga aspek yaitu pengetahuan guru dalam penyusunan soal berbasis HOTS hal ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memilih strategi yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa, kemampuan guru dalam memilih dan memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan siswa itu sendiri. Serta keterampilan guru dalam menyusun soal berbasis HOTS dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi soal-soal yang menguji pengetahuan dasar serta mendorong siswa untuk berpikir secara kritis, (2) Hambatan guru di SMP Negeri 1 Banawa Tengah dalam menyusun soal berbasis HOTS yaitu soal tidak sesuai dengan kemampuan siswa, hal tersebut dapat dilihat dari tingkat kemampuan siswa dalam memahami soal berbasis HOTS, karena siswa tidak serta merta dapat mengerjakannya dan peserta didik tidak terbiasa mengerjakan tugas yang menuntut untuk berpikir tingkat tinggi, artinya bahwa guru lebih banyak membuat soal berbasis LOTS sehingga siswa kesulitan dalam memahami soal berbasis LOTS dikarenakan penalaran mereka hanya sebatas konsep dasar dalam pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Guru PPKn, Soal HOTS |