JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUIMODELPEMBELAJARAN DECISION MAKING PADA PELAJARANPPKnDI KELAS VII B SMP NEGERI 20 PALU |
Nama: IBNU NAZAR |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK IBNU NAZAR “Meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran decision making pada pelajaran PPKn di kelas VII BSMPNegeri 20 Palu.’’ Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan Universitas Tadulako. Sukmawati Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritissiswa kelas VII B SMP Negeri 20 Palu pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran decision making. Metode yang di gunakan dalampenelitianini adalah metote Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukanguru dalam kelas untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehinggaketerampilan berpikir kritis siswa menjadi lebih meningkat. Dengan penerapanmodel pembelajaran decision making menunjukkan adanya perubahan positif dalam perilaku siswa. Dari hasil analisis yang telah dilakukan di ketahui bahwadengan model pembelajaran decision making dapat meningkatkan keterampilanberpikir kritis siswa mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 20 Palu, hal ini dapat dilihat dari presentase dari siklus I ke siklus II yakni keterampilan berpikir kritissiswa di peroleh dari pertemuan ke I mendapat presentase 58%, pertemuankeII mendapat presentase 75%. Pada siklus II pertemuan ke I mendapat presentase87%, dan pada pertemuan ke II mendapat presentase 95%, pada siklus II. hasil observasi juga menunjukan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu sebanyak 37%, maka dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan model decision making dapat meningkatkan keterampilan berpir kritis pada pembelajaran PPKn siswa kelas VII B SMP Negeri 20 Palu. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, model decision making. |