Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS Dalam Pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 16 Palu
Nama: NUR FADILLA AWALINA
Tahun: 2024
Abstrak
Nur Fadilla Awalina,” Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS Dalam Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 16 Palu” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Jamaludin Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan faktor penyebab sulitnya siswa menjawab soal HOTS dalam pembelajaran PPkn, (2) kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS dan (3) penerapan soal HOST di SMP Negeri 16 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) observasi, (2) wawancara, (3) soal test dan (4) dokumentasi. Teknik Analisis Data yang digunakan (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Penarikan Simpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Guru PPKn kelas IX dan 8 Orang siswa kelas IX B SMP Negeri 16 Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menjawab soal HOTS dalam pembelajaran PPKn terbagi menjadi dua yaitu faktor ekternal dan faktor internal. Dalam penyusunan soal HOTS terdapat langkah-langkah berikut (1) menganalisis KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS, (2) menyusun kisi-kisi soal, (3) memilih stimulus yang menarik, (4) menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi, dan (5) membuat pedoman penskoran dan kunci jawaban. Kurangnya pengalaman dalam menyusun soal HOTS sehingga kemampuan guru PPKn kelas IX B dalam mengembangkan soal UTS masih didominasi oleh unsur LOST. Dalam penerapan soal HOTS di kelas IX B SMP Negeri 16 Palu guru memberikan soal yang telah dikembangkannya melalui ujian tengah semester dengan dua puluh butir soal Pilihan Ganda (PG). Kata Kunci: Soal HOTS, Kemampuan siswa, Pembelajaran PPKn

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up