JudulPENERAPAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS Vlll SMP NEGERI 1 BANAWA TENGAH |
Nama: GITA MAYA MELIZA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Gita Maya Meliza, “Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran PPKn di kelas Vlll SMP Negeri 1 Banawa Tengah.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Hasdin Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran yang berbasis HOTS di SMP Negeri 1 Banawa Tengah, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang berbasis HOTS di SMP Negeri 1 Banawa Tengah, (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran yang berbasis HOTS di SMP Negeri 1 Banawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran PPKn di kelas Vlll SMP Negeri 1 Banawa Tengah yaitu (1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PPKn di SMP Negeri 1 Banawa Tengah sesuai dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Hal ini dilihat pada saat penyusunan modul ajar yang berbasis HOTS, dimana guru menetapkan tujuan pembelajaran yang mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik, merancang aktivitas pembelajaran melalui diskusi, dan games, serta menyiapkan strategi evaluasi yang dapat mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap konsep dan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PPKn di SMP Negeri 1 Banawa Tengah yaitu dengan menjelaskan tujuan pembelajaran serta aktivitas pembelajaran sesuai dengan yang ada di modul ajar, dan pada saat melakukan pembelajaran yang ada dikegiatan inti guru meminta siswa untuk menyampaikan sedikit mengenai materi sebelumnya guna mengevaluasi pemahan peserta didik terhadap pelajaran sebelumnya dan menjelaskan materi selanjutnya yang akan di pelajari oleh peserta didik. Kemudian melakukan penutup dengan mengevaluasi kembali pemahaman peserta didik. (3) Penilaian yang dilakukan oleh guru PPKn di SMP Negeri 1 Banawa Tengah yaitu lebih berfokus pada proses pemikiran siswa dan pemahaman mereka, dari pada sekedar melihat hasil akhir tugas. Hal ini dilihat dari beberapa aspek yang digunakan guru untuk melihat tingkat berpikir kritis peserta didik dalam menganalisis informasi secara cepat, mengevaluasi pemahaman berpikir siswa dan menciptakan keterampilan berpikir kritis dalam mengerjakan tugas. Kata Kunci: Penerapan, HOTS, Pembelajaran PPKn |