Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulREVITALISASI CIVIC DISPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS DI KALANGAN PELAJAR MELALUI MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 5 PALU
Nama: ZULWANA
Tahun: 2024
Abstrak
Zulwana, A32120016, 2024. “Revitalisasi Civic Disposition Untuk Meningkatkan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Dikalangan Pelajar Melalui Mata Pelajaran PPKn di Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 5 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing : Shofia Nurun Alanur S Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Apakah dengan merevitalisasi nilai-nilai civic disposition dapat menumbuhkan kesadaran hukum berlalu lintas dikalangan pelajar di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 5 Palu dan Karakter apa yang terbentuk dari revitalisasi civic disposition. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 38 orang yaitu 1 orang guru mata pelajaran PPKn dan 37 orang siswa kelas XI MIPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Guru PPKn melakukan metode pengajaran interaktif. Selain itu Guru juga berhasil mengaitkan materi hukum berlalu lintas dengan konsep hukum secara umum, sehingga siswa dapat memahami keterkaitannya. Melalui suasana pembelajaran yang mendorong keterlibatan siswa, seperti diskusi kelompok dan pemberian tugas yang melibatkan penelusuran informasi tambahan, Sehingga Merevitalisasi nilai-nilai civic disposition, dapat meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas. Tantangan yang dihadapi guru, yaitu tingkat kepedulian siswa yang berbeda-beda, dapat diatasi dengan mendekatkan materi pada kehidupan siswa melalui contoh-contoh yang relevan. Kedua, Karakter yang terbentuk dari revitalisasi Civic Disposition yaitu disiplin diri dan tanggung jawab. Dengan memiliki disiplin diri, siswa dapat memahami aturan lalu lintas dan menjalankannya tanpa terpengaruh oleh faktor eksternal atau hal dari luar. Selain itu, tanggung jawab yang kuat akan memotivasi mereka untuk memahami pentingnya kepatuhan terhadap aturan lalu lintas demi keselamatan bersama. Hasil data angket menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn membantu siswa mengembangkan sikap patuh dan hormat terhadap aturan lalu lintas, dengan banyak siswa merasa bertanggung jawab untuk mematuhi aturan dalam berlalu lintas. Guru PPKn memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa melalui diskusi kelompok dan tugas yang mendukung pemahaman siswa mengenai aturan lalu lintas. Pemahaman aturan lalu lintas tidak hanya penting dalam hal pengetahuan, tetapi juga dalam membentuk karakter siswa dan kesadaran mereka akan keselamatan di jalan raya. Meskipun Sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman dan sikap positif terhadap aturan lalu lintas, peran guru dalam memotivasi siswa yang masih melanggar aturan tersebut tetap penting. Kata Kunci: Civic Disposition, Kesadaran Hukum, Pelajar, Mata Pelajaran PPKn

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up