JudulIMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN HOTS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VII A SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: NI LUH SRI PUSPITASARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ni Luh Sri Puspitasari, 2024 “Implementasi Pendekatan Pembelajaran HOTS pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VII A SMP Negeri 7 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Sunarto Amus. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VII A SMP Negeri 7 Palu (2) Medeskripsikan efektifitas pendekatan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP 7 Palu serta guru pendidikan Pancasila yang berjumlah 11 orang yang terdiri 1 guru pendidikan Pancasila dan 10 siswa, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa rendah disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang tepat, siswa cendrung menghafal materi daripada memahami konsep, dan media pembelajaran. (2) Efektifitas pendekatan pembelajaran HOTS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa diakui oleh guru bagus dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tetapi begitu diimplementasikan di dalam kelas ternyata apa yang dipersepsikan oleh guru tidak sepenuhnya tepat terimplementasi, pendekatan pembelajaran HOTS di SMP Negeri 7 Palu belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena guru belum begitu terampil dalam mengimplementasikan pendekatan pembelajaran HOTS seperti pada saat pembelajaran guru belum terampil membimbing siswa dalam mencari informasi dan media pembelajaran yang digunakan terbatas sehingga berimbas tidak meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Pendekatan HOTS, Berpikir Kritis |