JudulPenerapan Keterampilan 4C Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Abad 21 Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 8 Bukal Kabupaten Buol |
Nama: ANJELINA YOFITA GOO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Anjelina Yofita Goo, “Penerapan Keterampilan 4C dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Abad 21 pada Mata Pelajaran PPKn”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Penegtahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, Sukmawati. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan keterampilan 4C dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa abad 21 pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 8 Bukal, (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan keterampilan 4C dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa abad 21 pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 8 Bukal. Lokasi penelitan di SMP Negeri 8 Bukal Kabupaten Buol. Subjek penelitan ini berjumlah 7 orang, terdiri dari kepala sekolah, 1 orang guru PPKn dan 5 siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan dalam tahap pembelajaran dengan (1) penerapan keterampilan 4C di SMP Negeri 8 Bukal Kabupaten Buol adalah sebagai berikut: berpikir kritis yaitu, saat guru memberikan pertanyaan kepada siswa di dalam kelas saat proses pembelajaran hanya ada beberapa siswa saja yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Dan ada juga beberapa siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan tersebut. Komunikasi yaitu, keterampilan dalam pembelajaran di kelas dari banyaknya peserta didik tidak semuanya mampu berkomunikasi dengan baik pada saat diskusi kelompok di kelas. Kolaborasi yaitu, peserta didik dapat bekerja sama dengan temannya pada saat pembelajaran diskusi dan tugas kelompok di kelas. Kreativitas yaitu, keterampilan kreatif dalam diskusi kelompok pada saat pembelajaran ada beberapa siswa yang masih kurang membuat pertanyaan yang menarik. (2) faktor pendukung dalam penerapan keterampilan 4C adalah siswa sangat antusias dan tertarik dari segi belajarnya, diskusi dan cara mereka berbicara di depan kelas, semua itu ada kemauan dari peserta didik. Kata Kunci: Keterampilan 4C, Kemampuan Belajara |