JudulIMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBERLAKUAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI OLAHRAGA TADULAKO PALU |
Nama: PUTRI WAHIDA RAHMAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Putri Wahida Rahman, 2024. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pemberlakuan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Olahraga Tadulako Palu. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pendidikan Social, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing Sukmawati Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) implementasi profil pelajar Pancasila di SMA Negeri Olahraga Tadulako; (2) faktor penghambat dalam pelaksanaannya; dan (3) upaya implementasi nilai-nilai profil tersebut. Subjek penelitian mencakup 11 orang, termasuk guru penggerak, guru berbagai mata pelajaran daru rumpun keilmuan, penanggung jawab keolahragaan, dan siswa dari kelas X hingga XII. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi nilai profil pelajar Pancasila mencakup elemen beriman, bertakwa dan berakakhlak mulia dalam bentuk menjalankan ibadah dan memperingati hari besar keagamaan sesuai kepercayaan masing-masing, kebhinekaan dalam bentuk berinteraksi dengan baik dan menghargai budaya lain, gotong royong dalam bentuk berkolaborasi dan berbagi antar sesama, kemandirian dalam bentuk memanajemen diri terhadap situasi, bernalar kritis dalam bentuk memproses dan menganalisis informasi yangmana dalam penerapannya belum makismal, dan kreatif dengan menciptakan karya orisinil dalam bidang teknologi, sebagian besar nilai terlaksana dengan baik namun perlu penguatan lebih lanjut dalam kehidupan sehari-hari siswa. (2) Penghambat utama meliputi rendahnya motivasi siswa (internal) serta pengaruh lingkungan keluarga dan pertemanan (eksternal). (3) Program Sekolah Penggerak menggunakan berbagai strategi seperti budaya sekolah (3S) pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler (P5), dan ekstrakurikuler (OSIS) untuk membentuk karakter siswa sesuai nilai Pancasila dan mendukung keberhasilan akademik dan olahraga. Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka. |