JudulPENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS WEBSITE QUIZWHIZZER PADA MATERI KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA BERORIENTASI HOTS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 BUNGKU |
Nama: NURHIKMA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nurhikma. (2024). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Website Quizwhizzer Pada Materi Keberagaman Mayarakat Indonesia Berorientasi HOTS Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bungku. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dwi Septiwiharti. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media berbasis teknologi informasi yang dapat mendorong peningkatan kemampuan berpikir analitis dan kreatif siswa di SMP Negeri 4 Bungku. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan produk berupa permainan edukatif ular tangga berbasis website quizwhizzer sebagai media pembelajaran pada materi keberagaman masyarakat Indonesia berorientasi HOTS, 2) mendeskripsikan kelayakan media permainana ular tangga yang dikembangkan, dan 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media permainan ular tangga berbasis website quizwhizzer sebagai media pembelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara dengan instrumen penelitian yang meliputi lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar observasi, pedoman wawancara guru PPKn, dan angket respon siswa. Media permainan ular tangga menggunakan website quizwhizzer ini bersifat valid dan layak untuk diimplementasikan oleh guru di kelas sebagai media pembelajaran PPKn. Media memiliki tingkat kelayakan mencapai 100?n tingkat kelayakan materi berbentuk soal-soal yang disajikan dalam media sebesar 95%. Hasil respons siswa terhadap penggunaan media memperoleh nilai sebesar 87.083?ngan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian, media permainan ular tangga berbasis website quizwhizzer memberikan kemudahan, menarik perhatian, serta sarana siswa untuk berlatih berpikir analitis, evaluatif, dan kreatif melalui soal-soal HOTS yang disajikan dalam media. Kata Kunci: Media, Quizwhizzer, Ular Tangga, Keberagaman, HOTS |