JudulPenerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Dalam Peningkatan Pengetahuan Siswa Di SMA Negeri 1 Parigi Tengah |
Nama: FAHRIL |
Tahun: 2025 |
Abstrak Fahril A32120003 (2024). Penerapan Model Pembelajraan Problem Bassed Learning dalam Peningkatan Pengetahuan Siswa di SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Pembimbing Dwi Septiwiharti. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam penerapan model pembelajaran Problem Bassed Learning, Untuk mendeskripsikan model pembelajaran Problem Bassed Learning dapat meningkatkan pengetahuan tinggi bagi siswa. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, adapun subjek penelitian ini berjumlah sembilan orang terdiri dari dua kepala sekolah, guru PPKn, dan tujuh orang siswa kelas XI. Metode penelitian pengumpulan data melaui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kemampuan guru dalam penerapan Problem Bassed Learning ada 4 indikator yaitu mengorientasikan peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik agar belajar, pelaksanaan investigasi, mengembangkan dan menyajikan hasil kerja, menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah. (2) model pembelajaran Problem Bassed Learning dapat meningkatkan pengetahuan tingkat tinggi bagi siswa yaitu dengan melakukan karakteristik dari model pembelajaran Problem Bassed Learning. Kata Kunci : Penerapan, Pengetahuan, Problem Bassed Learning |