Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUpaya Menanamkan Karakter Percaya Diri Melalui Keterampilan 4C (critical Thinking, Collaboration, Communication, Dan Creativity) Pada Mata Pelajaran PPKn Di MTs Alkhairaat Bobalo
Nama: MINARNI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Minarni ,“Upaya menanamkan karakter percaya diri melalui keterampilan 4C (critical thinking, collaboration, communication, dan creativity) pada mata pelajaran PPKn di MTs Alkhairaat Bobalo.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Sukmawati Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk medeskripsikan kurangnya percaya diri pada saat pembelajaran PPKn, (2) untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan 4C dalam upaya meningkatkan karakter percaya diri peserta didik di MTs Alkhairaat Bobalo, (3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan keterampilan 4C terhadap peningkatan karakter percaya diri peserta didik di MTs Alkhairaat Bobalo. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa, (1) kurangnya percaya diri peserta didik pada saat pembelajaran PPKn yaitu masih ragu-ragu berpendapat, kurang mampu membuat keputusan dengan tepat, cenderung muda putus asa, cenderung canggung dalam bertindakdan cenderung tidak berani bertanya atau menjawab pertanyaan. (2) bentuk pelaksanaan penerapan keterampilan 4C di MTs Alkhairaat Bobalo yaitu berdasarkan indikator keterampilan 4C dimulai dari berfikir kritis yaitu membiasakan peserta didik untuk mau mengungkapkan pendapatnya atau mau bertanya. Komunikasi yaitu kemampuan peserta didik dalam menyampaikan gagasan pemikirannya secara cepat dan jelas. Kolaborasi yaitu kemampuan peserta didik untuk mampu bekerja sama. Kreatif yaitu kemampuan peserta didik dalam mengembangkan keterampilan yang dimilikinya yaitu dengan menghasilkan ide-ide baru serta dapat menyelesaikan masalah dengan baik, namun di MTs Alkhairaat bobalo penerapan keterampilan 4C belum terlaksana dengan baik. (3) hambatan dalam penerapan keterampilan 4C di MTs Alkhairaat Bobalo terhadap percaya diri peserta didik adalah ketika peserta didik tidak dalam keadaan siap belajar, berpendapat atau bertanya masih malu-malu, kurangnya jumlah peserta didik dan jarak tempuh yang tidak mendukung, serta kurangnya alat peraga (sarana dan prasarana). Kata Kunci : Percaya Diri, keterampilan 4C

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up