JudulPENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII A DI SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: SAFITRI SYARIFUDDIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Safitri Syarifuddin, A32119067, 2023. "Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII A di SMP Negeri 19 Palu" Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas VII A di SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahapan 1) Tahapan perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru PPKn dan seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 19 Palu yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, les, wawancara, dan dokumenta si, pentingnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn dengan metode Talking Stick cukup signifikan peningkatan aktivitas belajar siswa terlihat pada (1) adanya antusias/semangat dalam mengikuti pembelajaran (2) mendengarkan penjelasan guru (3) bekerjasama dalam memahami materi dengan cepat (4) peserta didik aktif (bertanya, mengeluarkan pendapat dan menjawab pertanyaa (5) adanya kesiapan yang matang pada peserta didik untuk menerima pertanyaan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu aktivitas guru siklus I ke siklus II diperoleh 45,60% meningkat menjadi 79,40?n masuk dalam kategori baik. Aktivitas belajar siswa dilihat dari hasil observasi yang dilakukan selama proses penelitian yakni pada siklus I mencapai 48,33?n pada siklus II meningkat menjadi 76,00%. Dengan demikian secara keseluruhan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 27,67%. Peningkatan aktivitas belajar tersebut terjadi secara bertahap dari kategori cukup menjadi aktif. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran PPKn di Kelas VII A SMP Negeri 19 Palu. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Talking Stick, PPKn |