JudulSTRATEGI GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI 1 PALASA KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: RIAN ANDRIAWAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Rian Andriawan, 2023 “Strategi guru PPKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMA Negeri 1 Palasa Kabupaten Parigi Moutong” ,Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan ilmu pengetahuan sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Dwi Septiwiharti. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru PPKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa serta mendeskripsikan kendala dan solusi guru PPKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMA Negeri 1 Palasa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah, 1 (satu) orang guru Bk, 1 (satu) orang guru PPKn, dan 10 orang siswa kelas XII. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. strategi yang dilakukan oleh guru PPKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMA Negeri 1 Palasa yaitu dengan cara: a) integrasi melalui mata pelajaran guru PPkn mengajarakan tentang materi moral, memberikan contoh nyata dari perilaku moral, dan membentuk kelompok diskusi sesuai dengan RPP. b) Pengembangan diri yaitu dengan mewajibkan seluruh siswa ikut kegiatan ekstrakulikuler, mengarahkan siswa untuk ikut kegiatan ekstrakulikuler, dan menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ekstrakulikuler. c) budaya sekolah ditunjukan melalui membaca doa sebelum dan sesuda pembelajaran Dan untuk mengembangkan budaya 5S melakukan teguran kepada siswa yang tidak menerapkannya dan pemberian sanksi terhadap siswa yang melanggarnya. Adapun kendala dan solusi dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMA Negeri 1 Palasa. Guru PPKn mengalami beberapa kendala pertama, pengaruh globalisasi yang berkaitan dengan teknologi seperti penyalagunaan gawai. Kedua, berkaitan dengan kontrol diri, dan Ketiga, pengaruh buruk dari teman sebaya. solusi yang dapat menghadapi kendala-kendala di atas antara lain: pertama, melaui sarana prasana dan Kedua, mengarahkan siswa untuk ikut kegiatan keagamaan. Kata kunci: Strategi guru, kecerdasan moral, siswa. |