Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKemampuan Guru PPKn Dalam Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu
Nama: RASYIDA BULQIS
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Rasyida Bulqis, 2023, “Kemampuan Guru PPKn dalam Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual di Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Imran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru PPKn dalam penerapan media pembelajaran audio visual di kelas VIII SMP Negeri 4 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 34 orang yaitu 1 orang guru mata pelajaran PPKn dan 33 orang siswa kelas VIII Delima. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemampuan guru PPKn dalam penerapan media pembelajaran audio visual sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari keberhasilan guru PPKn dalam menggunakan media audio visual pada mata pelajaran PPKn, serta siswa lebih cepat memahami pelajaran pada saat guru menjelaskan menggunakan media audio visual. 2) Kendala yang dialami guru saat proses pembelajaran penerapan media pembelajaran audio visual yang pertama, kurangnya ketersediaan infocus di sekolah yang membuat guru PPKn harus meminjam infocus dari luar sekolah untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Kedua, lingkungan pembelajaran yang tidak mendukung untuk menerapkan media audio visual. Hal ini dapat dilihat dari pencahayaan infocus yang tidak maksimal menampilkan video pembelajaran yang disediakan oleh guru dikarenakan intensitas cahaya yang masuk di ruang kelas membiaskan cahaya dari infocus sehingga membuat tampilan gambar dan video tidak dapat terlihat dengan maksimal oleh siswa terutama siswa yang duduk di deretan kursi belakang. Tiga guru tidak melakukan pemetaan gaya belajar siswa sehingga ketika guru menyajikan media audio visual beberapa siswa yang memiliki gaya belajar non audio visual tidak termotivasi untuk belajar di dalam kelas sehingga situasi kelas menjadi tidak kondusif. Kata Kunci: Kemampuan Guru PPKn, Media Pembelajaran; Audio Visual

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up