JudulMANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 20 PALU |
Nama: ASRIYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK ASRIYANI, 2024, “Manajemen kelas dalam Pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 20 Palu”. Skripsi, Program studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, jurusan Pendidikan ilmu pengetahuan sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Imran. Rumusan Masalah penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan manajemen kelas dalam pembelajaran PPKn, mengetahui apa faktor penghambat pelaksaan Manajemen kelas dalam pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu 1 orang guru mata pelajaran PPKn dan 3 orang siswa di kelas VIII A. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Manajemen kelas dalam Pembelajaran PPKn telah dilaksanakan dengan memenuhi indikator :1). Pengaturan Orang (siswa)meliputi (a) Pengaturan Tingakah laku. (b) pengaturan kedisiplinan. (c) pengaturan gairah belajar. (d) minat dan perhatian. 2) Pengaturan Fasilitas meliputi (a)pengaturan kenyamanan. (b) pengaturan tempat duduk. 2. Faktor penghambat manajemen kelas dalam pembelajaran PPKn. 1). siswa yang mengganggu temannya (usil). 2). siswa yang belum percaya diri dalam mengespresikan dirinya di kelas. 3). siswa yang suka izin keluar kelas pada saat pembelajaran. Kata Kunci: Manajemen kelas, Pembelajaran PPKn |